Ketua PHBI Oransbari Ingat Merakyatnya Dominggus Mandacan

Ketua PHBI Oransbari Ingat Merakyatnya Dominggus Mandacan
Kepala Suku Besar Arfak, Drs Dominggus Mandacan MSi (kelima dari kiri) dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Baitul Kautsa, Oransbari, Manokwari Selatan, 27 September 2023.

Sangat merakyatnya Kepala Suku Besar Arfak, Drs Dominggus Mandacan MSi, menjadi salah satu hal yang sangat diingat H Muhammad Sidik Yacup, Ketua PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan.

Dia mengatakan Dominggus Mandacan merupakan figur luar biasa yang tidak membeda-bedakan masyarakat. “Kita tak perlu ke kantornya. Di jalan pun ketemuan beliau, Insyaallah beri jawaban,” ujar H Muhammad Sidik Yacup.

Ketua PHBI Distrik Oransbari mengatakan ini dalam sambutannya mewakili Panitia dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di Masjid Baitul Kautsar, Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan, 27 September 2023.

Menurutnya, puluhan tahun lalu saat jadi Ketua Panitia Pembangunan Masjid Sindang Jaya dia menemui Dominggus Mandacan, kala itu Bupati Manokwari, yang sedang kunjungan kerja di Oransbari.

“Di tengah jalan saya menyapa beliau apa mau meletakkan batu pertama? Beliau mau, sekaligus spontan beri bantuan 30 juta, lalu 25 juta hingga pembangunan masjid Sindang Jaya bisa selesai,” beber H Muhammad Sidik Yacup.

Ketua PHBI Oransbari lalu menegaskan Dominggus Mandacan merupakan orang tua masyarakat sejak Bupati Manokwari hingga jadi Gubernur Papua Barat periode 2017-2022.

“Doa kami, semoga Tuhan beri ridho dan cita-cita, niat Bapa ke depan, atas dorongan kita semua bisa dikabulkan,” tutur H Muhammad Sidik Yacup.

Sementara itu, Dominggus Mandacan berterima kasih pada masyarakat yang mengundang dan memberinya kehormatan untuk memberi sambutan dalam kegiatan ini.

Dominggus Mandacan mengingatkan untuk senantiasa menjaga toleransi antar umat beragama, keamanan, kerukunan, kebersamaan, dan persatuan kesatuan.

Dominggus Mandacan yang juga bakal calon Gubernur Papua Barat ini menegaskan bahwa orang Papua di Papua Barat, khususnya di Manokwari dan Manokwari Selatan, berterima kasih pada masyarakat di Oransbari yang telah banyak membawa perubahan pada keluarga besar suku Arfak khususnya dan suku-suku Papua umumnya.(an/dixie)

Previous articleSekwan DPR Papua Barat Sudah Dihubungi Staf Kemendagri Soal Surat Usulan Nama Calon Penjabat Gubernur
Next article303 Guru Sekolah Minggu GKI Ikut Kursus Lanjutan Tingkat Klasis Manokwari