Sambut World Clean Up Day, Bupati Kaimana Tanam Mangrove

Sambut World Clean Up Day, Bupati Kaimana Tanam Mangrove
Bupati Kaimana, Freddy Thie, menanam mangrove di pantai Kampung Marsi, 24 Juli 2023.

Pemerintah Kabupaten Kaimana menyemarakaan Hari Mangrove dan World Clean Up Day dengan melakukan penanaman mangrove di Kampung Marsi.

Penanaman dalam kegiatan yang dilakukan bersama Dinas Lingkungan Hidup Kaimana ini dilakukan simbolis Bupati Kaimana, Freddy Thie, didampingi Kepala BPKAD Kaimana Arsami, bersama masyarakat setempat.

Usai penanaman mangrove kegiatan dilanjutkan dengan pemungutan sampah. Masyarakat tampak antusiasi mengikuti kegiatan ini serta mengangkat sampah anorganik di sepanjang pantai Kampung Marsi.

“Untuk menjadikan Kaimana sebagai Kota Nol Sampah, sudah tentu saya harus melakukan tindakan konkrit. Salah satunya yaitu penanaman mangrove dan menjaga kebersihan, sebab tanaman mangrove akan berdampak positif pada keberlanjutan kelestarian lingkungan hidup,” ujar Freddy Thie, 24 Juli 2023.

Bupati Kaimana berharap masyarakat terus dilibatkan dalam mengambil peran, persis dengan tagline program “Kaimana Nol Sampah” yaitu #Kodengsaputanggungjawab.

Orang nomor satu di Kaimana itu juga memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya mangrove.

“Ekosistem mangrove memiliki fungsi yang sangat penting bagi lingkungan hidup dan ekonomi masyarakat di sekitarnya. Mangrove menyediakan bahan baku yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, seperti hasil hutan bukan kayu, sumber pangan, hasil ikan, dan sebagainya,” jelas Freddy Thie.

Bupati Freddy Thie juga menyinggung keberadaan mangrove ini dapat mendukung upaya pemerintah daerah untuk menjadikan Kaimana sebagai kota wisata, di mana pantai Kaimana yang belum tercemar harus mendapat perhatian dan dijaga.

“Dengan adanya mangrove di pesisir pantai dapat merawat terumbu karang, melindungi pantai dari abrasi, gelombang kuat, dan tidak kalah penting, ekosistem mangrove merupakan habitat penting tempat berkembang biak ikan dan satwa lainnya,” tandas Freddy Thie.(*/yos)

Previous articleSambut HUT ke-78 RI, Pemkab Kaimana Bagi Bendera Merah Putih
Next articleBupati Kaimana Launching Kampung Sadar Kerukunan