Pangkoarmada III Resmikan Pangkalan TNI AL Kaimana Papua Barat

Pangkoarmada III Resmikan Pangkalan TNI AL Kaimana Papua Barat
Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Agus Hariadi MHan, meresmikan Lanal Kaimana di Papua Barat, dan mengukuhkan Danlanal Kaimana, Mayor Marinir Sailenius Amelion Wihyawari, 27 Maret 2023. (Foto: ist/Lanal Kaimana.)

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kelas D Kaimana diresmikan Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Agus Hariadi MHan, dalam upacara di halaman Markas Komando Lanal Kaimana, 27 Maret 2023.

Keterangan tertulis Lanal Kaimana menyebutkan, Lanal Kaimana yang berada di Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat tersebut semula bersatus Pos Angkatan Laut atau Posal. Lanal Kaimana berada di bawah kendali Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIV Sorong.

Lanal Kaimana merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk terus memajukan Papua melalui TNI Angkatan Laut dengan terus menambah pangkalannya di setiap provinsi yang ada di wilayah Papua.

Keberadaan Lanal Kaimana ini juga untuk mendukung satuan tugas operasional TNI AL di Kaimana yang memiliki luas lautan, atau perairan, kurang lebih 17.500 km2.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung papan nama Mako Lanal Kaimana dan pengguntingan pita oleh Pangkoarmada III.

Sebelum peresmian dilakukan upacara pengukuhan Komandan Lanal Kaimana, Mayor Marinir Sailenius Amelion Wihyawari, oleh Pangkoarmada III.

Peresmian ini juga diwarnai Bakti Sosial dan pengobatan gratis untuk masyarat Kaimana di komplek Mako Lanal Kaimana.(*/yos/dixie)

Previous articleRokhmin Fahuri Ingatkan Jika Berkuasa Harus Majukan Tanah Papua
Next articlePekan Depan DPR Papua Barat Bahas Usulan Siapa Penjabat Gubernur Selanjutnya