Gunakan Metode Sensus, KPU Kaimana Verfak 5.194 Orang

Gunakan Metode Sensus, KPU Kaimana Verfak 5.194 Orang
Ketua KPU Kaimana Candra Kirana.

Di Pilkada Kabupaten Kaimana tahun 2024 ini ada satu pasangan bakal calon perseorangan yang telah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaimana. Mereka adalah 0asangan Abdul Rahim Furuada dan Luther Rumpumbo (Rambo).

Kini lembaga penyelenggara itu tengah melaksanakan tahapan Verifikasi Faktual (Verfak) terhadap dukungan Pasangan Calon Perseorangan Rambo yang telah diserahkan pada 12 Mei 2024 lalu.

Candra Kirana, Ketua KPU Kaimana menyebut, berdasarkan data administrasi yang telah diserahkan ke KPU, dukungan bagi pasangan Rambo tersebar di tujuh distrik yang meliputi 85 kampung dan 2 kelurahan.

Jumlah dukungan di tiap kampung berbeda-beda. Ada kampung yang jumlahnya lima orang, ada yang hanya satu orang. Dukungan terbanyak untuk pasangan ini ada di Distrik Kaimana yang mencapai 70% lebih.

“Verfak kali ini menggunakan metode sensus dan bukan lagi sampling. Oleh sebab itu, setiap orang yang memberikan dukungan berdasarkan syarat administrasi akan ditemui. Jumlahnya mencapai 5.194 orang,” terang Candra pada papuakini, 25 Juni 2024.

Tiap petugas Verfak dilengkapi dengan atribut KPU termasuk tanda pengenal. Di setiap kampung, ada tiga orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang melakukan Verfak dan dibackup PPD di tingkat distrik maupun KPU Kabupaten.

“Dalam verifikasi itu setiap orang akan diambil video dan fotonya, baik mereka yang benar-benar memberikan dukungan maupun yang tidak,” terangnya.

Jika pemberi dukungan belum berhasil ditemui, maka petugas akan menanyakan ke pihak keluarga tentang keberadaan yang bersangkutan maupun nomor kontaknya.

Jika yang bersangkutan berada di kota, maka PPD Distrik Kaimana maupun PPS dan KPU Kabupaten akan turun langsung untuk melakukan verifikasi, atau menyurat ke tim pasangan perseorangan untuk menghadirkanya ke kantor PPD maupun ke kantor PPD maupun kantor KPU sebelum 4 Juli 2024 yang merupakan batas akhir Verfak.

Selanjutnya, setelah tanggal 4 Juli, akan masuk pada tahap rekapitulasi terkait berapa orang yang berhasil ditemui dan tidak dapat ditemukan, berapa yang memenuhi syarat, berapa yang benar-benar memberikan dukungan dan berapa banyak yang tidak memberikan dukungan.

“Ada lagi tahapan untuk perbaikan kedua. Dalam tahapan ini, tim paslon perseorangan menghadirkan mereka secara langsung dan melakukan perbaikan terhadap mereka yang tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Mantan Ketua PPD ini juga optimis, pelaksaan Verfak dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, walau akhir-akhir ini kondisi cuaca di Kaimana tidak bersahabat.

“Insyah Allah bisa dapat diselesaikan tepat waktu, karena dukungan yang diberikan atau yang masuk ke KPU jumlahnya di setiap kampung tidak banyak,” tutupnya. (yos)

Previous articleKONI Papua Barat Serahkan Bantuan Rumput Lapangan dan Stopwatch untuk KONI Kaimana
Next articleLaunching Pilkada 2024 Kabupaten Kaimana Ditunda