Kaimana Berhasil Raih Adipura di Pemerintahan Freddy Thie

Kaimana Berhasil Raih Adipura di Pemerintahan Freddy Thie

Kabupaten Kaimana di bawah kepemimpinan Bupati Freddy Thie meraih penghargaan Adipura untuk penilaian tahun 2023 dari pemerintah pusat.

Bupati Kaimana Freddy Thie menyebutkan penghargaan yang pertama kalinya diraih Kaimana ini tidak lepas dari kerja keras semua pihak, terutama dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah di Kaimana.

“Sejak saya dilantik, saya selalu sampaikan bahwa Kaimana ini kita orbitkan dengan potensi pariwisatanya. Untuk menguatkan pengunjung, daerah kita harus bebas sampah, bersih, nyaman dan ramah bagi wisatawan,” kata Freddy Thie usai menerima penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, 05 Matret 2024.

Freddy Thie juga menyampaikan bahwa Kabupaten Kaimana di bawah kepemimpinannya terus konsisten menjaga tiga sektor untuk menopang pariwisata, yakni kebersihan, keamanan dan toleransi.

“Kabupaten Kaimana satu-satunya daerah di Papua yang meraih anugerah Adipura. Dan ini juga pertama kali untuk Kabupaten Kaimana,” jelasnya.

Freddy Thie mengajak masyarakat Kaimana untuk terus meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan lingkungan di daerah masing-masing.

Salah satu tips dan trik Kabupaten Kaimana bisa sukses meraih Adipura, kata Freddy Thie, adalah menjalankan program Kaimana Nol Sampah.

Hal ini sesuai dengan visi Kaimana yang mengusung semangat kota bersih, bebas dari sampah. Untuk mencapai itu semua, Pemkab Kaimana menggerakkan warga sekitar sebagai Satgas Pengawasan.

“Nanti ada semacam hukuman sosial dengan mengambil gambar pelanggaran yang terjadi dan viralkan di media sosial. Semoga itu bisa memberikan efek jera bagi yang melanggar,” tegasnya.

Selain itu, Pemkab Kaimana telah memiliki Peraturan Bupati Nomor 31 Tahun 2021 tentang Jam Buang Sampah. Berdasarkan Perbup itu, jam buang sampah diatur mulai pukul 18.00 WIT hingga pukul 22.00 WIT.(*/yos)

Previous articleBuka Pertemuan Koordinasi Mitra Pembangunan Papua Barat, Penjabat Gubernur Ingatkan Growth, Equity, Sustainability
Next articlePLN Apresiasi Pemkab Kaimana Hibah Lahan PLTMG