Tangguh LNG Terus Optimalkan Potensi Tenaga Kerja Papua

Tangguh LNG Terus Optimalkan Potensi Tenaga Kerja Papua
50% lulusan program pemagangan yang bekerja sebagai teknisi di Tangguh LNG adalah perempuan. (Foto: ist/bpindonesia.)

Serangkaian program pengembangan tenaga kerja lokal Tangguh LNG yang saat ini sedang berjalan, termasuk beasiswa dan pelatihan teknis, dirancang khusus untuk mengoptimalkan potensi tenaga kerja Papua.

Contohnya program pemagangan teknisi 3 tahun di Ciloto, di mana sejak kelulusan angkatan pertama pada Januari 2019, sebanyak 105 orang dari program pemagangan teknisi Tangguh telah berhasil mendapatkan sertifikasi internasional dan bekerja mengoperasikan Tangguh LNG.

“Program pemagangan ini merupakan peluang luar biasa bagi saya,’ kata Binduki Sanera, salah satu peserta dari angkatan kedua dalam keterangan tertulis bp Indonesia, 26 Februari 2024.

Binduki Sanera yang merasa terpanggil untuk mengembangkan diri dan membangun karir di industri migas ini menegaskan dapat pengetahuan teknis yang komprehensif dan pelatihan intensif melalui program ini.

“Saya sangat bersemangat untuk dapat mewujudkan impian saya, dan membuktikan bahwa orang Papua juga bisa meraih kesuksesan,” tekad Binduki Sanera.

Saat ini hampir seluruh bagian operasional Tangguh LNG dilaksanakan oleh pekerja nasional, di mana 70 persen di antaranya berasal dari Tanah Papua.

Inisiatif ini mencerminkan komitmen Tangguh LNG untuk memberikan peluang nyata bagi pengembangan karir tenaga kerja lokal, dan memperkuat keterlibatan masyarakat Papua Barat dalam sektor energi. (*/dixie)

Previous articleZubaedah Botutihe Pimpin KKIG Papua Barat 2024 – 2029
Next articleBupati Kaimana Teken NPHD Pengamanan Pemilukada 2024