Audiensi FPRMI, Sekretaris Otorita IKN Minta Pers Selalu Tingkatkan Kapasitas

Audiensi FPRMI, Sekretaris Otorita IKN Minta Pers Selalu Tingkatkan Kapasitas
Audiensi FPRMI dengan Otorita IKN di Jakarta, 16 Februari 2024.

Pers dituntut untuk senantiasa meningkatkan kapasitas dan profesionalisme secara sinambung, lantaran saat ini influencer dari berbagai sosial media kerap lebih didengar masyarakat ketimbang media massa.

Ini dikatakan Sekretaris Otorita Ibu Kota Negara (IKN), Achmad Jaka Santos Adiwijaya, saat menerima audiensi Forum Pimpinan Redaksi Multimedia Indonesia (FPRMI), di Kantor OIKN di Jakarta, 16 Desember 2023.

“Pers harus bisa melahirkan influencer yang memiliki banyak follower sehingga pers bisa menangkal dan meluruskan disinformasi yang beredar di masyarakat,” ujar Achmad.

Dia lantas menyinggung influencer yang dengan mudahnya mampu memberikan informasi kepada para pengikutnya yang jumlahnya bisa mencapai puluhan juta orang. “Influencer tidak memiliki kewajiban menyampaikan suatu informasi dengan benar. Iya kalau informasi yang disampaikan akurat, tapi jika tidak kan jadi masalah,” katanya.

Achmad Jaka Santos Adiwijaya juga menekankan FPRMI tetap selalu menjaga keberimbangan dan konsisten terhadap prinsip-prinsip jurnalisme. “Cara menyampaikan, tata bahasa, cover both side, akan menjadi kekuatan dan nilai untuk pers, tentu khususnya FPRMI sebagai jurnalisme multimedia,” tegasnya.

Audiensi FPRMI, Sekretaris Otorita IKN Minta Pers Selalu Tingkatkan Kapasitas
Audiensi FPRMI dengan Otorita IKN di Jakarta, 16 Februari 2024.

Harapan itu disambut baik Ketua Umum FPRMI, Wilson Bernadus Lumi, karena sejalan dengan tujuan pembentukan FPRMI. Selain itu, satu hal yang juga jadi concern FPRMI, yang juga sejalan dengan harapan OIKN, adalah advokasi.

“Melalui organisasi ini, para wartawan yang bernaung di media bisa diperjuangkan untuk bisa kompeten. Di antaranya dengan mengikuti pelatihan sehingga bisa mengantongi sertifikat kompetensi, sehingga media massa bisa terus untuk improve dan profesional mengikuti perkembangan zaman,” ujar Wilson.

Dalam pertemuan ini Sekretaris Otorita turut didampingi Juru Bicara Otorita IKN, Troy Harold Pantow, sedangkan Ketua Umum FPRMI didampingi Muhamad Solihin Sekretaris Jenderal, Badar Subur Bendahara Umum, Ketua Bidang Antar Lembaga dan Kerja Sama Helmi Halim, serta Direktur Eksekutif Corry Olifia, Fitr S Mugni dan Yuli Suharti Wabendum FPRMI.(***)

Previous articleBupati Kaimana Tinjau Ruas Jalan Lobo-Fromajaya
Next articleTangguh LNG Komit Tingkatkan Naker Lokal Papua Barat