Presiden Jokowi Resmikan Tangguh LNG Train 3, Pemasok Sepertiga Total Gas Produksi Indonesia

Presiden Jokowi Resmikan Tangguh LNG Train 3, Pemasok Sepertiga Total Gas Produksi Indonesia
Presiden Joko Widodo meresmikan Tangguh LNG Train 3 di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, 24 November 2023. (Photo: courtesy of bp.)

Presiden Joko Widodo meresmikan proyek strategis nasional Tangguh LNG Train 3 di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, 24 November 2023.

Siaran pers bp Indonesia menyebutkan saat mencapai kapasitas produksi maksimal nanti, sekitar sepertiga dari total produksi gas negara akan dipasok dari tiga kilang Tangguh ini.

Peresmian ini menandakan mulai beroperasinya Train 3 secara komersil pada 18 Oktober lalu, serta menggarisbawahi kontribusi Tangguh yang signifikan terhadap ketahanan energi Indonesia.

Peresmian dihadiri, antara lain, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, bp Executive Vice President Gas & Low Carbon Energy, Anja-Isabel Dotzenrath, dan bp Regional President Asia Pacific Gas & Low Carbon Energy Kathy Wu.

Menurut Menteri ESDM, Tangguh LNG adalah produsen gas terbesar di Indonesia, di mana proyek Train 3 akan memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan produksi gas tahunan negara. Selain itu, proyek tersebut telah mempekerjakan 5.450 pekerja lokal dari Tanah Papua.

Presiden Jokowi Resmikan Tangguh LNG Train 3, Pemasok Sepertiga Total Gas Produksi Indonesia
Presiden Joko Widodo bersama tim Tangguh LNG Train 3 di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, 24 November 2023. (Photo: courtesy of bp.)

Hal senada dikatakan Anja-Isabel Dotzenrath. Dia menyatakan 70 persen pekerja Tangguh adalah masyarakat lokal Papua.

“Indonesia merupakan negara penting bagi portofolio bp, dan kami sangat berterima kasih atas dukungan dari Pemerintah Indonesia dalam membantu kami mendukung kebutuhan energi Indonesia yang terus berkembang,” kata Anja-Isabel Dotzenrath.

Rampungnya proyek Train 3 merupakan tonggak pencapaian utama bagi Tangguh, yang selama 14 tahun terakhir telah menjadi pilar infrastruktur energi Indonesia. Sekitar sepertiga dari produksi Tangguh LNG dipasok untuk melayani pasar domestik, cukup untuk mengalirkan listrik bagi sekitar 18 juta rumah. Pada 18 Oktober 2023, Train 3 berhasil mengirimkan kargo LNG pertamanya ke PLN.

Ini adalah pertama kalinya seorang Presiden Indonesia berkunjung ke Tangguh, yang berjarak 3.000 kilometer dari Jakarta tanpa adanya penerbangan langsung. Bagi Tangguh, perjalanan tersebut berawal hampir 40 tahun yang lalu dengan ditandatanganinya perjanjian kontrak kerja sama Berau pada tahun 1987. Konstruksi Tangguh Train 3 dimulai pada tahun 2016 dan pada Juli 2023, proyek tersebut secara aman diselesaikan dan siap untuk dioperasikan.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi juga menyampaikan fase pengembangan selanjutnya dari Tangguh, yaitu proyek UCC yang juga merupakan proyek strategis nasional. Selain untuk memperpanjang usia lapangan gas, proyek tersebut juga bertujuan untuk memanfaatkan teknologi penangkapan, pemanfaatan, dan penyimpanan karbon (CCUS) untuk mengurangi emisi gas rumah kaca Tangguh, dan berpotensi menerima dan menyimpan CO2 pihak ketiga sehingga mampu mendukung target emisi Net Zero Indonesia pada 2060 atau lebih cepat.(*/dixie)

Previous articlePangdam XVIII Kasuari Ajak Pemuda dan Pers Wujudkan Pemilu Damai
Next articlePembicara di Aspeksindo Fest, Bupati Kaimana Ajak Kerjasama Pimpinan Daerah Bangun Potensi Kemaritiman