Mantan Sekda Kaimana Maju di Pileg Papua Barat

Mantan Sekda Kaimana Maju di Pileg Papua Barat
Rita Teurupun berbincang dengan warga masyarakat. Rita Teurupun merupakan bacaleg nomor urut 1 Partai NasDem ke DPRD Papua Barat.

Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Kaimana. Rita Teurupun SSos telah resmi mendaftarkan diri untuk bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) Provinsi Papua Barat tahun 2024 mendatang.

Wanita yang bekerja di Kaimana sejak masih sebagai kecamatan di bawah kabupaten Fakfak itu dapat nomor urut 1 di Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Papua Barat dengan daerah pemilihan Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Teluk Wondama.

“Jujur bahwa saya ke provinsi ini bukan karena kekalahan saya yang kemarin. Kekalahan saya itu justru menambah sedikit wawasan saya untuk berada dilingkungan legislatif besok,” ungkap Rita Teurupun kepada wartawan di kediamannya, 14 Juni 2023.

Wanita Muslim yang pernah menjadi Ketua Panitia Perparawi setanah Papua tahun 2017 itu mengaku banyak masyarakat yang bertanya kepadanya kenapa tidak maju saja di Kabupaten Kaimana, dia menjawab telah lebih dulu dihubungi Ketua NasDem Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan MSi, untuk maju di DPRD Provinsi.

“Setelah putusan MK waktu itu dan kami dinyatakan kalah, selang dua atau tiga bulan saya ditelepon Pak Mandacan. Waktu itu beliau meminta bantuan agar saya bantu beliau di Provinsi. Saya balik bertanya kepada beliau, kira-kira saya bisa bantu apa, lalu beliau menjawab bahwa saya bantu dalam bentuk maju pada pileg 2024 DPRD Provinsi Papua Barat dari Partai Nasdem,” jelasnya.

Atas permintaan itu, Rita juga meminta persetujuan dari Partai sebelumnya yang mengusungnya di Pilkada Kimana tahun 2019.

“Waktu itu ketika diminta oleh Pak Mandacan, saya langsung katakan bahwa saya siap, hanya saja secara etika saya harus pamit terlebih dahulu dari PDI Perjuangan Kaimana. Karena secara politik, waktu itu saya berada di sana. Karena harus dijaga baik sehingga hubungan satu dengan yang lainnya tetap terjaga,” ungkapnya.

Rita mengaku bahwa semua proses di KPU sudah selesai, dan tinggal menunggu penetapan calon. Untuk itu, dia pun meminta dukungan dari seluruh masyarakat Kaimana agar dirinya bisa duduk di kursi DPRD Provinsi Papua Barat.

“Saya juga telah berkeliling ke kampung-kampung dan distrik untuk bertemu dengan masyarakat dan alhamdulilah masyarakat masih mengenal saya. Sambutannya pun sangat baik. Semoga Tuhan sayang sehingga niat saya ini bisa tercapai,” pungkasnya.(yos)

Previous articleBayi Usia 11 Bulan Suku Asli Colombia Selamat Pesawat Jatuh, 40 Hari Tersesat di Hutan Amazon
Next articleKementerian BUMN RI Gandeng Tokopedia Luncurkan ‘Rumah BUMN’ Demi Akselerasi Target 30 Juta UMKM Digital