Dominggus Mandacan Diharap Bisa Buka Mubes Suku Besar Kuri Wamesa Wondama

Dominggus Mandacan Diharap Bisa Buka Mubes Suku Besar Kuri Wamesa Wondama
Sejumlah masyarakat Kuri Wamesa Teluk Wondama menemui Dominggus Mandacan, 26 April 2023.

Drs Dominggus Mandacan MSi diharapkan bisa hadir sekaligus membuka musyawarah besar (mubes) suku besar Kuri Wamesa di Teluk Wondama.

“Kami mau mubes dibuka Bapa (Dominggus Mandacan), orang tua yang kami tahu tokoh yang mengurus pemekaran Kabupaten Teluk Wondama. Teluk Wondama sebelum jadi kabupaten hanyalah distrik saja, yaitu Distrik Wasior dan Windesi,” ujar Toni Ataribaba, Ketua Dewan Adat Suku (DAS) Ataribaba, didampingi Kepala Kampung Simiei, Distrik Kuri Wamesa, Kabupaten Teluk Wondama, Obeth Ayub Yoweni.

Harapan ini mereka sampaikan saat berkunjung ke kediaman ke Dominggus Mandacan, yang adalah mantan Bupati Manokwari, Gubernur Papau Barat periode 2017-2022, dan Kepala Suku Besar Arfak turunan Lodewyk Mandacan, di Manokwari, 26 April 2023.

Mubes yang akan digelar dalam waktu dekat ini nantinya akan menghadirkan semua pemilik hak masyarakat adat, yang akan memutuskan dan memilih siapa kepala suku umum, dewan adat, dan lembaga masyarakat adat.

Ditanya tentang musyawarah serupa di Kabupaten Teluk Bintuni, Toni Ataribaba menyatakan tidak ada masalah karena berbeda wilayah.(an/dixie)

Previous articleMendagri Terbitkan Peraturan Tentang Penjabat Kepala Daerah, Batas Usia Pensiun Disebut
Next articleDominggus Mandacan Dapat Cinderamata di Raker III GPKAI MD Manokwari