3 Bupati 3 Wabup Bahas Pemekaran Papua Barat Tengah di Kaimana

3 Bupati 3 Wabup Bahas Pemekaran Papua Barat Tengah di Kaimana
Para kepala dan wakil kepala daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Kaimana, dan Kabupaten Fak Fak dalam pertemuan di Kaimana, 11 Februari 2023, yang membahas pemekaran Provinsi Papua Barat Tengah.

Bupati dan Wakil Bupati Kaimana, Bupati dan Wakil Bupati Teluk Wondama, Bupati Teluk Bintuni, dan Wakil Bupati Fakfak bertemu membahas rencana pemekaran daerah otonomi baru Provinsi Papua Barat Tengah dari Provinsi Papua Barat

Pertemuan di gedung pertemuan Krooy, Kaimana, pada Sabtu, 11 Februari 2023 itu turut dihadiri Cyrillus Adopak perwakilan MRPB, Mudasir Bogra perwakilan DPR Papua Barat, para tokoh adat, tokoh masyarakat, raja dari Fakfak dan Kaimana, para Sekda serta beberapa pimpinan OPD dari empat kabupaten.

Ini adalah pertemuan ketiga tentang rencana pemekaran ini setelah pertemuan pertama di Manokwari, Kabupaten Manokwari pada 22 Januari 2023, dan pertemuan kedua di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama pada 28 Januari 2023.

Dalam pertemuan ketiga ini tim kajian dari Universitas Cenderawasih, Dr Basir Rohromana SH MHum, Dr Vicktor Th Manengkey SH MH, Rehabeam Mofu SH MH, dan Dian Rahadian SH MH, memaparkan materi singkat tentang tujuan pemekaran wilayah, dan kriteria apa saja yang menjadi dasar untuk menentukan ibukota provinsi yang hendak dimekarkan.

Selain lokasi calon ibukota Provinsi Papua Barat Tengah, juga dibahas tentang penganggaran pemekaran tersebut.

Pertemuan terakhir rencananya akan dilanjutkan di Kabupaten Fak Fak pada 23 Februari 2023, sebelum dokumen usulan pembentukan Provinsi Papua Barat Tengah ini diserahkan ke pemerintah pusat.(yos)

Previous articleNasDem Papua Barat Buka Pintu Lebar Pendaftaran Umum Bakal Caleg
Next articleKepala BKD Minta Maaf Tak Hadir Pertemuan Dengan DPR Papua Barat Lantaran Hadiri HUT PI di Sururey Pegaf