Negara Ini Dua Kali Rayakan Hari Natal

Negara Ini Rayakan Dua Kali Hari Natal
Salah satu tradisi Natal di Ukraina.

Hari Natal secara umum dirayakan umat Kristen di dunia pada 25 Desember. Selain tanggal itu, umat Kristen Orthodox merayakan Natal pada 07 Januari.

Sejumlah negara yang merayakan Natal pada 07 Januari itu adalah, antara lain Rusia, Belarusia, Ukraina, Mesir, Georgia, Ethiopia, Kazakhstan, dan Serbia.

Perbedaan tanggal perayaan ini terjadi karena perbedaan penggunaan sistem kalender, di mana gereja Orthodox menggunakan kalendar Julian yang beda 13 hari dengan kalendar Gregorian yang umum digunakan.

Nah dari dua tanggal itu, ada satu negara yang merayakan Natal pada tanggal 25 Desember dan 07 Januari. Negara itu adalah Ukraina.

Secara tradisional Natal di Ukraina dirayakan pada 07 Januari. Di sisi lain, semakin banyak warga muda Ukraina yang merayakan Natal pada 25 Desember. Walhasil, pemerintah Ukraina sejak 2017 menetapkan 25 Desember dan 07 Januari sebagai hari raya nasional.

Perayaan Natal di Ukraina dimulai di malam Natal tanggal 06 Januari di mana anggota keluarga berkumpul untuk makan bersama. Di meja makan diletakkan 12 jenis makanan sebagai simbol 12 Rasul.

Oh ya, sebagai informasi tambahan, salah satu lagu Natal paling terkenal di dunia, Carol of the Bells, berasal dari lagu rakyat Ukraina berjudul Shchedryk.(dixie)

Previous articleSTIH Caritas Papua, STIE Mah Eisa Manokwari, LP3KD Papua Barat Salurkan Bantuan Bencana Cianjur
Next articleKawasan Industri Pupuk Fakfak dan Lapangan Ubadari Teluk Bintuni Masuk Proyek Strategis Nasional