Dominggus Mandacan Dukung Pemekaran Kabupaten Babo Raya, Bagi Pengalaman

Dominggus Mandacan Dukung Pemekaran Kabupaten Babo Raya, Bagi Pengalaman
Kepala Suku Besar Arfak, Drs Dominggus Mandacan MSi (kiri) menuju lokasi pencanangan pemekaran Kabupaten Babo Raya dari Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat. 31 Agustus 2023. Tampak pula Bupati Teluk Bintuni, Ir Petrus Kasihiw MT (kanan).

Aspirasi pemekaran Kabupaten Babo Raya dari Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat dicanangkan di Lapangan Trikora, Distrik Babo, Kabupaten Teluk Bintuni, 31 Agustus 2023.

Terkait itu, Kepala Suku Besar Arfak, Drs Dominggus Mandacan MSi, berbagi pengalaman tentang pemekaran dengan Tim Pemekaran Babo Raya.

Maklum, saat jadi Bupati Manokwari selama dua periode, Dominggus Mandacan berhasil memekarkan Kabupaten Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Pegunungan Arfak, Manokwari Selatan, dan Tambrauw yang merupakan kerja bareng Pemkab Sorong.

Salah satu hal yang ditekankannya adalah pelepasan lahan oleh pemilik ulayat dan suku-suku di wilayah Babo Raya.

“Duduk sepakati kedudukan ibukota di mana,” pesan Gubernur Papua Barat periode 2017-2022.

Seiring itu, Dominggus Mandacan juga mengingatkan masyarakat 4 dari 7 suku di 7 distrik harus kompak, karena pusat akan menanyakan agar Babo Raya tidak dinilai datang sepihak dalam arti dari pejabat

Menurutnya, berdasarkan laporan panitia, sejumlah hal sudah terpenuhi seperti persetujuan Bupati dan DPRD Teluk Bintuni, luas wilayah, dan jumlah penduduk.

Dominggus Mandacan kemudian menegaskan mendukung penuh pemekaran Kabupaten Babo Raya ini, dan siap ikut bersama tim dalam pertemuan dan pembahaaan dengan DPR RI dan kementerian lembaga terkait.(an/dixie)

Previous articleMansel Mutasi 19 Pejabat Eselon II, Termasuk Sekda
Next articleKapolsek Kaimana dan 5 Kasat Polres Kaimana Dimutasi