Genjot Sektor Kelautan dan Perikanan, Bupati Kaimana Disambut Kementerian Kelautan dan Perikanan

Genjot Sektor Kelautan dan Perikanan, Bupati Kaimana Disambut Kementerian Kelautan dan Perikanan

Pemerintah Kabupaten Kaimana terus mendorong sektor potensial kelautan dan perikanan. Salah satu caranya dengan mendatangi dan menemui pejabat tinggi di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Ini dilakoni Bupati Kaimana, Freddy Thie, didampingi kepala dinas, sekretaris, dan kepala bagian program dinas perikanan. Kunjungan rombongan diterima Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Agus Suherman.

Freddy Thie menyampaikan bahwa kunjungan ini dalam rangka menyampaikan rencana pemerintah di dua sektor ini, yang selanjutnya akan segera ditindaklanjuti.

“Tujuan kami kesini untuk menindaklanjuti hasil pembicaraan antara Pak Dirjen dengan tim penyusun dokumen Masterplan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Kabupaten Kaimana dari Institut Pertanian Bogor (IPB),” tuturnya.

Bupati dan rombongan mendapat respons yang positif dari Dirjen Perikanan Tangkap.

“Puji syukur, beberapa hal yang kita ajukan direspons dengan sangat positif oleh Pak Dirjen. Beliau langsung mengutus pejabat terkait dan stafnya untuk melakukan survei di Kaimana untuk pelaksanaan beberapa program pada tahun 2023 ini. Di antaranya adalah Kampung Nelayan Maju, Rumah Ikan, dan teknologi tepat guna Antraktor Cumi,” jelas Bupati Kaimana.

Bupati keturunan Tionghoa itu juga menyebutkan ada beberapa rencana untuk jangka panjang yang dibicarakan dengan Kementerian KKP yang akan ditindaklanjuti secara bertahap.

“Kita juga dijanjikan infrastruktur seperti pelabuhan, tempat pelelangan ikan (TPI), cold storage, kapal armada nelayan, serta alat tangkap dan beberapa hal yang kita butuhkan untuk tercapainya SKPT di Kaimana,” ujar Bupati Kaimana.

Orang nomor satu di Kaimana itu menyinggung bahwa ikhtiar Pemkab ini dalam rangka mengembalikan kejayaan Kaimana di sektor kelautan dan perikanan. Apalagi masyarakat Kaimana memiliki ketergantungan pada dua sektor ini yang menjadi sumber penghasilan.

“Saya komit dan terus meminta Dinas Perikanan Kaimana untuk senantiasa berkoordinasi dengan pejabat di KKP dan tim IPB yang telah membantu kita, karena tujuan kami tidak lain adalah untuk kemajuan daerah Kaimana tercinta dan kesejahteraan masyarakat,” tutup Bupati Kaimana.(yos)

Previous articleEnam Bangunan Ludes Dilahap Api di Kaimana
Next articleDominggus Mandacan Sampaikan Ini di Pelantikan Badan Ikatan Pemuda Maluku Utara Kabupaten Manokwari