Ditanya Andika Perkasa Soal Kondisi Papua Barat, Markus Waran Jawab Ini

Ditanya Andika Perkasa Soal Kondisi Papua Barat, Markus Waran Jawab Ini
Ketua PDIP Papua Barat, Markus Waran ST MSi.

Ketua PDIP Papua Barat, Markus Waran MSi, sempat berbincang dengan mantan Panglima TNI, Andika Perkasa, dalam rangkaian Puncak Peringatan Bulan Bung Karno di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 24 Juni 2023.

Salah satu hal yang ditanyakan Andika Perkasa, yang digadang untuk jadi Ketua Tim Pemenangan calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo, adalah kondisi Papua Barat kini.

Markus Waran menjawab bahwa sebagai bagian dari NKRI sepertinya kemerdekan belum sangat dirasakan masyarakat kawasan pelosok dan terpencil di Papua Barat.

Pasalnya, masalah konektivitas dan perhubungan masih menjadi kendala di sejumlah kawasan terpencil sehingga perekonomian masyarakat tersendat lantaran kesulitan menjual hasil kebun mereka.

Kondisi tersebut membuat terjadinya real cost sangat tinggi untuk membayar biaya transportasi. Hal tersebut juga berbuntut pada masalah kesehatan masyarakat, termasuk stunting.

Markus Waran pun menyampaikan sejumlah solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, salah satunya adalah pemekaran kampung.(an/dixie)

Previous articleMasyarakat Gelar Aksi di Jakarta Minta Pergantian Pejabat di Papua Barat
Next articlePDI Perjuangan Papua Barat Salurkan Bantuan Sapi Kurban Idul Adha di Manokwari