151 Calon Anggota KPU Wilayah 1 PB Lolos Administrasi

151 Calon Anggota KPU Wilayah 1 PB Lolos Administrasi

151 calon anggota KPU Wilayah I PB (Papua Barat) lolos administrasi. Wilayah I mencakup Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegaf, Teluk Bintuni, Teluk Wondama dan Kaimana.

“Ada 174 pendaftar, 23 tidak lolos administrasi,” ujar Sekretaris Tim Seleksi 1 Calon Anggota KPU Wilayah I Papua Barat, Dr. Keliopas Krey, dalam jumpa pers, Minggu (22/4).

151 orang dinyatakan lolos setelah tim meneliti ijazah, pengalaman organisasi berkaitan dengan kegiatan kepemiluan, dan makalah.

“23 orang yang tak lolos karena bertentangan dengan beberapa persyaratan, seperti umur belum mencapai 30 tahun, terlibat sebagai salah satu pengurus partai politik, dan terdapar hubungan perkawainan dengan penyelenggara Pemilu,” jelasnya.

151 orang itu selanjutnya akan menjalani tes sistem Computer Assisted Test secara online 30 April mendatang.

“Untuk Mansel, Manokwari, Pegaf, Teluk Wondama dan Teluk Bintuni akan digelar di SMKN 2 Manokwari, sedangkan Kaimana, di SMKN 2 Kaimana. Tes ini seperti tes SIM online. Tidak ada bantuan petugas, hasilnya pun akan langsung diketahui, jadi tidak ada istilah timsel bermain dengan tahap ini,” tegas Krey.

Anggota tim seleksi, Dr. Ir. Mulyadi Djaya, menambahkan, usai test online ada test psikologi dan kesehatan serta tes wawancara.

“Untuk psikologi dan kesehatan kita libatkan Polda Papua Barat sebagai pihak berkompeten. Sedangkan tahap akhir wawancara akan dilakukan timsel,” ungkapnya.

Timsel mengambil dua kali dari jumlah yang dibutuhkan KPU di setiap kabupaten. Bintuni butuh 5 orang, maka akan diambil 10 orang, 5 kabupaten lainnya masing masing 3 jadi akan diambil masing-masing 6 orang.

“Data itulah yang kemudian akan dikirim ke pusat untuk diputuskan berdasarkan peringkat. Yang tidak masuk akan menjadi daftar cadangan bila suatu waktu terjadi pergantian antar waktu,” tandasnya.(njo)

Previous articleSerang Pos Jaga, 14 Tahanan Lapas Manokwari Kabur
Next articlePengecekan Narapidana Kabur di KM Margaret Nihil